Ini Dia Makanan Terbaik Untuk Merawat Kesehatan Otak

Ini Dia Makanan Terbaik Untuk Merawat Kesehatan Otak

Otak merupakan organ tubuh paling menakjubkan yang dimiliki manusia. Kemampuannya yang sangat luar biasa, menjadi pendorong manusia dalam berkarya dan senantiasa menemukan hal-hal baru.

Namun sadarkah Anda, bahwa sebenarnya manusia terlahir dalam kondisi otak yang sama? Tak ada manusia yang terlahir dalam keadaan segala bisa, semuanya memulai dari titik awal yang belum mengerti apa-apa.

Seiring dengan perkembangannya, barulah tampak jelas perbedaan soal kemampuan otak manusia. Banyak orang yang mampu mengoptimalkan fungsi otaknya, dan tidak sedikit pula yang tak mampu dalam memaksimalkannya. Padahal, semuanya memiliki potensi yang sama.

Mengapa bisa demikian? Untuk mengetahui akan hal ini, para ahli melakukan penelitian tentang faktor-faktor yang menentukan kecerdasan manusia. Mereka menyimpulkan, setidaknya ada 3 hal yang paling menentukan kecerdasan manusia, di antaranya oksigen, rangsangan, dan nutrisi.

Asupan nutrisi ternyata menjadi salah satu faktor yang paling menentukan kecerdasan manusia. Sebagian besar dari nutrisi yang telah dikonsumsi akan dialirkan menuju otak kita. Hal itu dikarenakan nutrisi mempunyai peran penting dalam mengoptimalkan kemampuan otak.

Mereka yang mendapatkan asupan nutrisi dengan baik tentu akan lebih mampu mengoptimalkan fungsi kerja otak ketimbang mereka yang kurang mendapatkan asupan nutrisi. Walaupun itu semua tetap perlu diimbangi dengan dua faktor lainnya, yakni oksigen dan rangsangan.

Asupan nutrisi terbaik bagi otak kita dapat diperoleh dari makanan-makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari. Selain membantu dalam mengoptimalkan fungsi kerja otak, makanan-makanan ini juga akan sangat membantu dalam melindungi otak dari berbagai macam penyakit atau gangguan.

Makanan Terbaik Untuk Merawat Kesehatan Otak

Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai pemasok nutrisi bagi otak kita.

Brainking Plus

Brainking Plus merupakan herbal terbaik dalam hal menjaga kesehatan otak. Brainking Plus dibuat dari bahan-bahan alami yang baik bagi kesehatan otak kita sehingga berperan aktif dalam perkembangannya.

Brainking Plus akan sangat baik dikonsumsi oleh siapa pun, baik itu mereka yang sehat, orang yang sedang terserang penyakit, anak-anak berkebutuhan khusus, anak kecil, remaja, orang dewasa, bahkan untuk orang tua yang telah lanjut usia.

Brainking Plus akan bekerja secara holistik (menyeluruh) dalam mengoptimalkan perkembangan otak dan saraf. Dengan begitu, fungsi kerja otak akan meningkat, aliran darah ke otak akan semakin lancar, dan gelombang listrik otak akan bekerja dengan stabil.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang sangat baik dalam merawat kesehatan otak. Hal itu dikarenakan ikan salmon sangat kaya akan kandungan omega 3 yang berguna dalam meningkatkan daya ingat seseorang.

Lebih dari itu, kandungan vitamin A, vitamin D, asam selenium, dan asam amino yang terkandung pula dalam ikan salmon berperan aktif dalam mencegah sel saraf otak dari penuaan. Dengan begitu, sel saraf otak akan bertahan lebih lama.

Ikan salmon juga berguna sebagai anti depresan yang aman dikonsumsi karena merupakan bahan alami. Manfaat lainnya bagi kesehatan otak yang dapat diperoleh dari ikan salmon adalah mengurangi resiko terkenanya penyakit parkinson, stroke dan alzheimer.

Ikan Tuna

Ikan Tuna juga tergolong salah satu jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega 3, terutama EPA dan DHA. Di balik kelezatannya yang khas, ikan Tuna mengandung setidaknya 1,6 gram omega 3 per 85 gram dagingnya.

Jumlah populasi ikan tuna di lautan sangat melimpah, sehingga ikan ini dapat dengan mudah dijumpai di pasaran. Selain itu, harganya lebih terjangkau ketimbang ikan salmon. Karena itu, ikan tuna bisa menjadi alternatif pengganti ikan salmon.

Karena kandungannya hampir sama dengan ikan salmon, maka khasiat yang dihasilkannya pun tidak berbeda jauh. Ikan tuna juga sangat baik dalam mengantisipasi terjadinya penurunan kemampuan kognitif serta demensia.

Ikan Makarel

Ikan makarel masih termasuk ke dalam keluarga ikan tuna. Kandungan omega 3 yang dimilikinya pun sangat tinggi. Dalam setiap 85 gram dagingnya, ikan makarel menyimpan kandungan omega 3 hingga sebesar 2,6 gram.

Ikan makarel mungkin cukup jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, kadang kala tetap dijual dalam bentuk kemasan kaleng. Selain ikan tuna, ikan laut lainnya yang masih menjadi kerabat dekat dengan ikan ini adalah ikan kembung dan ikan tenggiri.

Ketika ikan makarel ataupun kerabat dekatnya dikonsumsi oleh ibu hamil di trisemester terakhir, maka ikan ini akan sangat berkhasiat bagi perkembangan otak serta membentuk neuron sang bayi, sehingga kecerdasan kognitifnya berpotensi lebih tinggi.

Selain itu, asam lemak esensial yang dikonsumsi melalui ikan ini sebanyak 3 kali dalam sepekan akan meningkatkan kadar DHA dalam darahnya. Hal itu sangat membantu menurunkan resiko terjangkitnya penyakit alzheimer.

Ikan Sardine

Sebenarnya, ikan sardine juga termasuk ke dalam kerabat dekat dengan ikan makarel. Hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil, kandungan asam lemak omega 3 yang dimilikinya pun cenderung lebih sedikit, walaupun tidak terlalu drastis. Hanya 1,5 gram saja per 85 gram dagingnya.

Kandungan asam lemak yang berada dalam ikan sardine akan sangat menjaga kesehatan otak seseorang. Asam lemak tersebut pula yang mengoptimalkan kemampuan komunikasi antar sel saraf dalam otak. Sehingga secara keseluruhan kondisi otak akan jauh lebih baik.

Ikan Lele

Tidak hanya kerabat dekat ikan tuna saja yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak, karena ada juga ikan air tawar yang mempunyai kadar asam omega 3 yang cukup baik. Yakni ikan lele. Setiap 85 gram daging ikan lele terdapat kandungan omega 3 sebanyak 0,3 gram.

Memang kandungan omega 3 yang dimiliki oleh ikan lele tidak sebanyak kandungan omega 3 yang dimiliki oleh ikan salmon, tuna, makarel, dan sejenisnya. Namun, ikan ini jauh lebih mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif murah.

Telur Ayam

Siapa sangka, ternyata telur ayam juga sangat membantu untuk merawat kesehatan otak manusia. Telur ayam sangat mempengaruhi kinerja otak seseorang. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan Choline yang cukup banyak di dalam telur ayam.

Di dalam 50 gram telur ayam, setidaknya terdapat kandungan zat Choline sebanyak 26,5 persennya. Zat Choline tersebut tepatnya berada pada bagian kuning telurnya. Mengkonsumsi telur ayam ketika sarapan tentu akan sangat membantu meningkatkan kinerja otak kita.

Telur Bebek                                

Tak hanya telur ayam saja, telur bebek juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali kandungan gizi yang sangat baik untuk otak tersimpan di balik kenikmatan rasa telur bebek.

Salah satu kandungan gizi yang terdapat dalam telur bebek adalah asam amino dan protein. Kandungan protein yang terdapat pada telur bebek ternyata lebih lengkap dari makanan lainnya semisal tempe, tahu, daging ayam, dan lain sebagainya.

Telur Puyuh

Satu lagi jenis telur yang tak kalah menarik adalah telur puyuh. Telur puyuh juga ternyata merupakan salah satu jenis telur terbaik untuk membantu menjaga kesehatan otak. Walaupun ukurannya tergolong kecil, namun manfaat yang ditawarkannya cukup lengkap.

Pun dalam hal merawat kesehatan otak, telur puyuh memiliki manfaat yang luar biasa. Itu semua tentunya dikarenakan kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Telur puyuh memiliki kandungan vitamin, mineral, protein, kolin, lemak, lutein, serta berbagai zat gizi lainnya.

Hasil penelitian mengungkapkan, kandungan gizi yang terdapat pada telur puyuh ternyata lebih besar daripada kandungan gizi yang terdapat pada telur ayam. Bahkan saat ini telur puyuh sudah mulai diolah menjadi bahan dasar pengobatan alternatif.

Gandum Utuh

Bukan hanya fisik kita saja, otak juga memerlukan asupan energi agar mampu bekerja secara optimal. Energi tersebut bisa disuplai melalui glukosa yang berasal dari karbohidrat di dalam gandum utuh.

Mengapa memilih gandum utuh? Hal itu disebabkan karena gandum utuh memiliki kandungan karbohidrat yang cukup kompleks dan cenderung lama dicerna oleh tubuh kita. Sehingga, asupan energi untuk otak dapat akan terjaga sepanjang harinya.

Para ahli juga pernah melakukan sebuah penelitian akan hal ini. Mereka menyatakan bahwa para siswa siswi yang tidak pernah melewatkan sarapan pagi mereka lebih berpotensi mampu menyelesaikan masalah dan memperoleh nilai yang lebih tinggi.

Oat Meal

Oat Meal merupakan makanan yang cukup diminati oleh semua usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa lanjut usia, makanan ini menjadi santapan yang digemari. Entah karena rasanya yang lezat dan mengenyangkan, sampai karena alasan kandungan gizinya yang tinggi.

Oat meal sebenarnya merupakan sereal yang terbuat dari gandum utuh. Makanan ini akan memenuhi kebutuhan energi bagi otak. Karenanya, oat meal sangat berguna dalam merawat kesehatan otak dan membantu perkembangannya.

Di sisi lain, oat meal juga termasuk jenis makanan yang kaya akan serat. Dengan sering menjadikan oat meal sebagai menu makanan lezat ketika sarapan di pagi hari, kecerdasan maupun kesehatan otak akan senantiasa terjaga.

Cokelat

Tak hanya rasanya saja yang lezat, ternyata cokelat juga sangat baik dalam merawat kesehatan tubuh, termasuk otak kita. Cokelat merupakan sumber sumber gizi yang sangat baik, terlebih lagi untuk cokelat hitam (Dark Chocolate) yang terbuat dari 60% kakao.

Di dalam kakao terdapat sebuah zat yang dinamakan flavanol. Flavanol tadi lah yang menjadi alasan mengapa cokelat adalah makanan yang sangat baik untuk otak. Selain itu, biji kakao yang sudah tua mampu mencegah penurunan kognitif dan demensia.